"Sebaik baik manusia, adalah yang paling bermanfaat untuk lainya"

Jumat, 29 Januari 2010

Islam "The way of Live" kaum cendekiawan

Di dalam Surat annur ayat 55 Allah berfirman:
Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang shalih bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi...” (An-Nur: 55)

Saudaraku sekalian, janji allah pastilah benar. Ummat islam pasti akan menang. Masyarakat masa depan pasti akan memilih islam sebagai “the way of live”. Hal ini sudah mulai nampak terutama di belahan bumi bagian barat. Perkembangan jumlah ummat islam di eropa maupun amerika melompat secara tajam.

Sebuah tulisan melaporkan, jumlah penganut Islam di seluruh dunia saat ini mencapai 1,57 miliar jiwa. “Kini, hampir satu dari empat penduduk dunia mempraktikkan ajaran Islam,” .
Eropa disebut sebagai negara yang pertumbuhan jumlah penduduk Muslimnya sangat cepat. Kini benua itu menjadi rumah bagi 38 juta Muslim, atau lima persen dari seluruh populasi. Jumlah penduduk Muslim di Jerman lebih kurang 4 juta orang, hampir sama dengan jumlah gabungan Muslim di Amerika Utara dan Selatan. Prancis dalam laporan itu memiliki jumlah Muslim paling sedikit di Eropa, namun secara prosentase adalah tertinggi.
Di Benua Amerika, sebanyak 4,6 juta Muslim tinggal di sana dan hampir separuh dari jumlah itu ada di Amerika Serikat. Sedang di Kanada jumlah Muslimnya mencapai 700 ribu jiwa, atau 2 persen dari seluruh populasi.

Tapi sebaliknya, kenapa jumlah ummat islam Indonesia menurun? Renungan tentang ini kami tulis pada posting "mengembalikan kemenangan".

Jika ditinjau lebih jauh kenapa islam akan menjadi agama masa depan dan diterima oleh orang-orang modern, yang dikatakan lebih berfikir ilmiah/rasional. Ada beberapa alasan:

  • Islam sebagai pedoman hidup
    • Orang yang menkaji islam akan menemukan bahwa islam adalah sungguh-sungguh ”the way of live”. Segala sesuatu terkait hidup manusia diatur dengan baik di dalam kitab alqur an maupun al hadits.
    • Allah lah sang pencipta kehidupan. Dan allah lah yang akan menjaganya. Agar kehidupan ini dapat berjalan dengan baik, Allah telah menyiapkan ”guide of live” yang berupa aturan-aturan dalam al qur’an. Karena allah yang menciptakan jagad raya ini sudah barang tentu lebih mengetahui bagaimana seharusnya kehidupan ini diatur, sehingga dapat berjalan dengan baik. Ibaratnya kita membeli sebuah product (kendaraan, perangkat elektronik, dll) agar awet dan beroperasi sebagaimana mestinya maka harus mengikuti buku petunjuk dari pabrik yang mengeluarkan product tsb.
  • Islam adalah agama fitrah
    • Setiap manusia mempunyai fitrah. Apakah fitrah itu? Secara sederhana orang mengatakan fitrah adalah ”kata hati nurani”. Setiap orang pasti mempunyai nya. Jika direnungkan lebih dalam ternyata tidak ada satu pun ajaran islam yang bertentangan dengan fitrah ini.
    • Orang yang mencoba menentang fitrah, akan mendapatkan kegelisahan dan tidak tenang dalam hidupnya. Manusia yang mencoba membuat aturan sendiri, membuat dewa-dewa yang disembah, mengagung-agunkan teknologi, suatu saat akan mentok dengan kegelisahan hatinya. Laporan WHO menyebutkan bahwa di jepang setiap tahun ada 30.000 orang bunuh diri. Di seluruh dunia ada 873.000 orang bunuh diri. Menurut para psikolog, yang menyebabkan orang bunuh diri adalah Ketercekaman jiwa. Dan ini tentu berawal dari kegelisahan hati yang menentang fitrah manusia.
  • Islam adalah agama manusia
    • Islam adalah agama yang sangat memperhatikan nilai-nilai kemanusian. Di islam tidak mengenal perbedaan kasta. Semua orang di mata allah adalah sama. Ketakwaanya nya lah yang akan membedakanya. Hal ini sangat kental terlihat saat ibadah haji. Semua peserta menggunakan pakain ihram yang berwarna putih dan tidak berjahit. Semuanya sama.
    • Islam mengajarkan kepudulian sosial. Orang kaya wajib mengeluarkan zakatnya untuk kaum fakir dan miskin.
    • Kewajiban puasa salah satu cara untuk mengasah kepekaan humanisme ummat islam
  • Islam adalah agama yang seimbang (tawazun)
    • Islam adalah agama yang tawazun. Tawazun antara ruhani dan jasmani. Tawazun antara kebutuhan jasadiyah dan ruhaniyah. Tawazun dalam memandang peran laki-laki dan perumpuan.
    • Ketika ada seorang sahabat rasulullah yang ingin berpuasa setiap saat, tidak mau menikah, serta sholat malam tanpa pernah tidur maka Rasulullah menyampaikan: Aku berpuasa tapi juga berbuka, aku juga tidur dan menikah.

Dengan nilai-nilai islam yang begitu indah, masyarakat yang berfikir maju dan modern pasti akan memilih islam sebagai ”the way of live”. Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar